Wednesday, September 21, 2016

Elemen-Elemen Desain Grafis

Elemen-Elemen Desain Grafis

Titik
Titik atau spot merupakan yang menandai sebuah tempat. Tidak memiliki panjang dan lebar, tidak mengambil daerah atau ruang, merupakan pangkal dan ujung sepotong garis, dan merupakan perpotongan atau pertemuan antara dua garis. Titik dalam sendirinya belum berarti dan baru mendapat arti setelah tersusun penempatannya. 
satu titik
Titik dapat membentuk wujud bila ditunjang dengan gerak, sinar, dan warna. Titik yang digerakkan bisa memberi kesan adanya garis, tampilnya sinar dalam titik memberikan adanya kehidupan pancaran, dan tampilnya titik-titik berwarna ditempatkan saling berdekatan yang memberi kesan seolah-olah ada warna lain atau memberi kesan adanya warna baru.
Harmonisasi titik dengan ukuran dan jarak antar tiap titik

Garis
Garis merupakan titik yang bergerak akan membentuk garis. Garis mempunyai panjang tanpa lebar yang mempunyai kedudukan dan arah. Garis merupakan sisi atau batas dari suatu benda, masa, warna, bidang, maupun ruang. Oke ini ada beberapa contoh harmonisasi garis.
Harmonisasi garis patah-patah

Harmonisasi garis patah dan lengkung

Bidang
Nah, bidang ini adalah suatu garis yang mempunyai ukuran lebar, panjang dan tinggi yang mempunyai permukaan sehingga bisa membentuk sebuah bidang. Garis bisa ditampilkan secara berulang-ulang yang memberi kesan adanya kesan ketampakan suatu bidang, baik bidang datar atau miring.
Garis yang membentuk sebuah bidang

Penerapan elemen bidang pada pakaian

Ruang
Ruang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia secara psikologis maupun dimensional. Ruang dalam grafis komunikasi dapat dirasakan adanya kesan dua dimensi atau tiga dimensi, melalui tampilan penggabungan beberapa garis dan hasil dari penggabungan
beberapa bidang positif atau negatif.
Kesan ruang dihasilkan dari pengulangan garis
Ruang dapat dirasakan adanya lorong, memberi kesan jarak jauh atau dekat, dalam atau dangkat, tinggi atau rendah, terbuka atau tertutup. Dalam grafis komunikasi pengaturan ruang sangat diperlukan, apakah antara huruf (tipografi), ilustrasi (gambar), atau elemen yang lain dalam suatu bentuk media.
Bentuk
Bentuk merupakan garis yang kedua ujungnya saling bersentuhan yang dilingkarkan dalam suatu areal, atau terhubung garis satu sama lain yang memiliki makna. Bentuk juga bisa berbentuk tiga dimensi atau tiga dimensi.
Contoh bentuk 3 dimensi

Tekstur
Tekstur merupakan permukaan suatu barang/benda. Keindahan suatu barang/benda tidak hanya ditentukan oleh keindahan bentuk atau warna saja, tetapi juga tekstur. Tekstur bila dilihat dari karakter dan dari hasil pembuatannya bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:
1)Tekstur alam, merupakan tekstur yang ada pada benda-benda di alam sekitar kita.
Tekstur alam
2)Tekstur masinal, yaitu tekstur yang dihasilkan melalui mesin, seperti kain, kertas gosok dan lain-lain.
Tekstur masinal
3)Tekstur komputer, yaitu tekstur yang dihasilkan melaui fasilitas teknologi komputer.
Tekstur komputer
4)Tekstur buatan, merupakan tektur yang dihasilkan melalui goresan tangan manusia.
Tekstur buatan
.
Warna
Warna adalah salah satu dari yang menghasilkan daya tarik visual, dan kenyataannya warna lebih mempunyai daya tarik pada emosi daripada akal. Daya tarik warna yang ditimbulkan oleh sutu mutu cahaya yang dipantulkan oleh suatu obyek ke mata. Warna merupakan unsur seni dan desain yang pertama kali orang tertarik, karena indera kita lebih cepat dan mudah melihatnya.
Spektrum warna
Berdasarkan kategori warna juga dibedakan menjadi warna panas dan warna dingin. mungkin pembaca juga sudah tahu warna-warna tersebut. Warna panas yaitu Merah, Kuning, Jingga sedangkan warna dingin yaitu Biru, Hijau, Ungu.

Latihan
1.      Desain grafis adalah suatu bentuk seni lukis (terapan) yang memberikan kebebasan kepada sang desaianer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ….
  1. ilustrasi
  2. photo
  3. tulisan
  4. garis
  5. brosur
2.      Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, photo-photo dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut sehingga mengahsilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, subversive dan mudah diingat. Pengertian desain grafis seperti ini dikemukakan oleh ….
a.      Suyanto
b.      Jessica Helfand
c.      Danton Sihombing
d.      Michael Kroeger
e.      Blanchard
3.      Desain grafis adalah aktivitas mempekerjakan berbagai elemen rupa seperti marka, uraian sub verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi maupun ilustrasi denga dua fungsi yaitu sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.  Pengertian desain grafis seperti ini dikemukakan oleh ….
a.      Suyanto
b.      Jessica Helfand
c.      Danton Sihombing
d.      Michael Kroeger
e.      Blanchard
4.      Dalam perkembangannya desain grafis dikenal pula dengan istilah ….
  1. desain komunikasi visual
  2. desain visualisasi
  3. grafika komputer
  4. visualisasi komputer
  5. komputer grafis
5.      Secara garis besar desain grafis dapat dikategorikan, kecuali ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
6.      Desain buku, majalah, poster, flyer dan sejenisnya termasuk dalam kategori ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
7.      Desain professional yang mencakup desain arsitektur, desain industri, arsitek taman, desain interior dan sejenisnya termasuk kategori ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
8.      Berikut adalah teknik visualisasi, kecuali ….
  1. fotografi
  2. translasi visual
  3. model making
  4. typografi
  5. penyablonan
9.      Berikut adalah aplikasi komputer pengolah tata letak (layout), kecuali ….
  1. Adobe inDesign
  2. Adobe PageMaker
  3. Adobe Photoshop
  4. Ms. Publisher
  5. Corel Ventura
10.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah vector/garis, kecuali ….
  1. Adobe Illustrator
  2. Corel Draw
  3. Ms. Paint
  4. Macromedia Freehand
  5. Beneba Canvas

0 comments:

Post a Comment