Friday, September 23, 2016

Tifografi

Tipografi adalah seni tentang aturan atau tata cara penggunaan huruf, kata, paragraf pada ruang – ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan – kesan tertentu sehingga dapat menolong para pembaca agar lebih nyaman dan maksimal dalam membaca.
Jenis-jenis huruf Tipografi secara umum :
1. Serif ( Berkaki )
Serif ( Berkaki ) adalah jenis huruf tipografi yang memiliki kaki pada setiap ujungnya contoh huruf serif adalah : Times New Roman , Georgia , Book Antiqua, dan Garamond huruf ini memiliki kesan tegas dan mewah digunakan untuk huruf di majalah , koran berita karena mudah dibaca dan diingat.
huruf serif
2. Sans Serif ( Tidak Berkaki )
Sans Serif ( Tidak Berkaki ) adalah jenis huruf tipografi yang tidak memiliki kaki pada setiap ujungnya contoh huruf sans serif adalah : Arial, Verdana, Tahoma huruf ini memiliki karakteristik simple, profesional, dan mudah di baca  cocok di gunakan untuk huruf pada media online seperti Web.
huruf sans serif
3. Script ( Tulisan Tangan )
Script ( Tulisan Tangan ) adalah jenis huruf tipografi berupa tulisan tangan biasanya huruf miring ke kanan dan ada penekanan seperti menggunakan pena atau kuas contoh huruf script adalah : segoe script, vivaldi, Lucida handwriting, Lucida Caligraphy huruf ini memiliki karakter personal atau pribadi.
huruf script
Tipografi dalam Web Design
Tipografi dalam Web Design sangatlah penting dimana tipografi adalah salah satu unsur wajib yang harus dikuasai oleh seorang web designer.
Jenis huruf Tipografi yang biasanya digunakan dalam Web Design adalah jenis huruf Tipografi Sans Serif ( Tidak Berkaki ) seperti Arial, Verdana, Tahoma dimana jenis huruf Sans Serif ini memiliki keunggulan dalam segi visual yaitu mudah di baca dalam resolusi kecil maupun besar sehingga mudah untuk beadaptasi dengan mata dan dan daya ingat si pembaca.
Tetapi setelah perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak hanya huruf Sans Serif saja yang digunakan dalam kancah Web Design tetapi jenis huruf Serif pun ada ini dikarenakan telah munculnya monitor – monitor komputer dengan kemampuan resolusi yang tinggi sehingga jenis huruf Serif dapat terbaca dengan baik dengan syarat memiliki ukuran 12 keatas.
Tipografi dalam Web Design tidak hanya mencakup pada jenis font itu sendiri tetapi juga pada unsur – unsur seperti warna, ukuran huruf, serta aksen ( Bold,Italic,Underline,Strikeout).
Warna huruf haruslah terlihat lebih terang dari pada warna latar atau background agar huruf tersebut dapat dibaca dengan baik dan jelas selain itu ukuran huruf juga  harus disesuaikan misal huruf pada Heading memiliki ukuran 24 px, body 14 px,   footer 12 px itu akan cocok dan website pun menjadi lebih menarik untuk dilihat dan dibaca oleh para pengunjung.

LATIHAN
  1. Sebutkan 6 buah font berdasarkan 4 family (Sans serif, Serif, Script, dan Dekoratif)!
  2. Carilah 2 buah software pembuat font, sebutkan kelebihan dan kekurangannya!
  3. Simpulkanlah dari pertanyaan no.2. Software mana yang paling baik. Kemukakan alasannya!
  4. Jika anda menjadi developer website & mendapat project portofolio toko perhiasan sebutkan font pada bagian ini:
    a. Header
    b. Judul product
    c. Konten
    d. Footer
Jawaban:
  1. Macam-macam font dari:
    • Sans serif : arial, calibri, lucida, alindo, caprum, good times,
    • Serif : times new roman, cambria, perpetua, boodani, coorespondent,
    • Script : path avenue, jacoba, scriptina, marvel, daisy, freestyle script, lucida handwriting, brush script, script empty bold, lucida black letters
    • Decorative : dutch and harley, red sliper, Gothic flourist, papyrus
  2. a. Font Creator
    Kelebihan
    • bisa menampilkan semua karakter yang ada
    • Font creator cukup baik digunakan oleh pemula dan ahli.
    • antarmuka cukup sederhana dan tidak membingungkan,
    • tampilan standar dan dilengkapi dengan banyak opsi yang ditampilkan.
      design font akurat,
    • praktis dan mudah digunakan
    • user friendly
    • interface sederhana
    Kekurangan
    • terbatasnya tools
    • terbatas jumlah elemen
    • memerlukan untuk full versi
    • tidak dapat membuat font tipe 1
    d. FontStruct
    FontStruct adalah Font Editor gratis online.. Iya, jadi lo bisa bikin font sendiri langsung di brower, tanpa harus install software khusus di komputer loKalo lo udah puas dengan hasilnya, lo bisa simpen dan download sebagai file font TrueType (.Ttf), Install di komputer lo dan pake deh di tiap aplikasi Windows / Mac lo (misalnya Microsoft Office, Photoshop, dll).. Lo juga bisa jadiin font itu jadi font custom di website lo
    e. FontForge
    FontForge adalah Font Editor gratis yang bisa diinstall di Windows, Mac OS dan Linux. Lo bisa bikin font sendiri dari awal ato modifikasi file font yang ada. FontForge bisa menangani  macem-macem jenis file font, termasuk TrueType (.Ttf), PostScript (.Ps), OpenType (.Otf) dll.Pemula yang baru pake FontForge ini mungkin bakal kesulitan, jadi lo coba baca aja Tutorial-nya (Cari di Google ya, ada kok, gue udah nyari, cuma kepanjangan aja buat di post)
    f. BitfontMaker
    Font Editor Online ini bisa bikin font yang simpel. Aplikasi ini adalah aplikasi Font Editor Bitmap, Jadi lo bakal menggambar Font Karakter lo secara pixel demi pixel.Pake-nya gampang banget dan kalo lo udah selesai dengan desain font lo, lo bisa mendownload dan simpan font sebagai file TrueType.
    g. Type light
    Cuman ada buat Windows sih, TypeLight adalah editor freeware yang bisa lo pake untuk ngedit file font yang udah ada ato desain font sendiri dari awal. Alat ini bisa menangani format TrueType, OpenType dan PostScript, dan dilengkapi dengan kemampuan untuk konversi file font dari satu ke yang lain. Software ini gratis untuk penggunaan pribadi ato penggunaan komersial terbatas
    h. Raster Font Editor
    Raster Editor Font adalah aplikasi StandAlone, jadi lo bisa menjalankannya langsung dari Perangkat Penyimpanan Portabel lo (misalnyaUSB flash drive) atau aplikasi Cloud Storage, misalnya Dropbox, tanpa ribet harus install. Aplikasi ini ga sekuat 4 aplikasi diatas sih, tapi bisa jadi pilihan yang bagus buat lo yang cuma butuh Font Editor yang simpel
    i. Font Editor
    j. GNU Font Editor
    k. DoubleType
    l. Horus
    m. Bitmap Font Editor
  3. Font Creator
    Karena:
    • user friendly
    • di linux bisa pakai dengan menggunakan program wine, harus ada program wine di linux tersebut
    Fonttographer
    Karena bisa mengkonversi font lama ke baru, memperbaiki font yang cacat
    Font struct
    Karena tidak berbayar dan mudah digunakan.
  4. Recomendasi font web toko perhiasan:
    • Header : vivaldi (script), Arial,
    • Judul product : Lucida handwriting (script), italiano,
    • Konten : Times new roman, calibri,
    • Footer : times new roman, verdana, Futura, carboon (mudah di baca dan jelas

0 comments:

Post a Comment